Jumat, 23 November 2012

Soal Ilmu Komunikasi Nov 2012



      Petunjuk mengerjakan soal 
I    Jawablah dengan singkat dan jelas pada kertas folio yang disediakan.

1.       Baca kasus dibawah  ini dan analisa  dari Proses Komunikasi terjadi Miskomunikasi / distorsi  antara  pasien dan RS .
Analisa dari segi komunikator , komunikans ( penerima pesan ) dan isi pesannya ?
Menurut Anda , apa yang salah dan apa yang harus diperbaiki dari segi komunikator ?
Kasus 
Seorang pasien sehabis bermain perahu selancar telah datang keunit Gawat Darurat dari RS dgn keluhan mendengar bunyi gemuruh di telinganya. Seorang dokter residen yang dipekerjakan oleh manajemen RS memeriksa telinga pasien dan kemudian memberikan instruksi obat tetes telinga. Dokter bermaksud memberikan obat tetes glycerin dan acid carbol . Tetapi ia tidak mencatatnya pada kartu pasien saat itu . Namun pada waktu mengajukan bukti-bukti dikatakan olehnya bahwa ia telah mengatakan untuk diberikan atau guttae pro auribus acid carbol atau glycerin dan acid carbol  drops.Simurid perawat mendengarnya “acid carbol “ dan kemudian diberikan kepada pasien . Sebagai akibatnya obat cairan tsb telah merusak gendang telinga pasien itu dan pendengarannya telah rusak untuk selama-lamanya.
Hakim berpendapat bahwa dokter itu telah lalai dalam memberikan instruksi kepada seorang murid perawat yg tidak kompeten untuk melakukannya dan disalahkan cara instruksi yg diberikan . Akibatnya dokter dan murid perawat itu di-tuntut dipengadilan.

2.       Dalam Analisis Transaksional Eric Berne mengemukakan adanya Transaksi Tersembunyi.
Apa maksudnya dan jelaskan dengan contoh !

3.       Sebagian complain / keluhan pasien disurat kabar adalah masalah komunikasi petugas
yang tidak baik.
Ada 10  hal yang harus diperhatikan dan dilaksanakan untuk member Service Excellent
pada pasien dan keluarganya dar segi bagaimana berkomunikasi sehingga pelayanan
anda jadi bermutu.

II     Isilah titik-titik pernyataan dengan benar dan cocok .

1.       ……………………………………….. adalah pandangan / kesan atau makna seseorang terhadap
suatu kejadian yang dipengaruhi oleh kepribadian , nilai dan pengalaman hidup seseorang
sehingga kesan tsb akan mempengaruhi penerima pesan atau komunikan.

2.       Sikap ………………………………….. seorang perawat adalah penting dalam berkomunikasi
yang mana sikap kita ikut merasakan yang dialami pasien.

3.       ………………………………………………… adalah pembentukan kesan dengan melihat penggelompokkan manusia dari segi warna kulit , ras , suku , agama , kebudayaan  dsb yang dikesankan tertentu , dan akan mempengaruhi proses komunikasi .

4.       Cara bertelepon yang baik , adalah menyebutkan :
a.  ………………………………………………………………..
b. ………………………………………………………………..
c . ………………………………………………………………..

5.       “ Awas , jangan pulang malam-malam , nanti tak ku-bukakan pintu “
Menurut Eric Berne’s maka ego states yang ditampilkan adalah unsur ………………………..

6.       Dalam berkomunikasi dengan klien selalu hindari istilah tehnis kedokteran.
Coba ganti istilah tehnis kedokteran dengan bahasa awam yang dimengerti pasien
a.       Dehidrasi diganti  ……………………………………..
b.      Faeces       diganti  ……………………………………..
c.       Tuberkulose  diganti   ……………………………………………
d.      Urine                diganti  …………………………………………….
e.      Anemia            diganti  …………………………………………….

7.       ………………………………………… adalah kesalahan kesan / pengamatan seseorang dimana obyek
yang diamati ada , dan sering dipakai dalam dunia mode , iklan dsb.


8.       Komunikasi ………………………………………….. adalah komunikasi yang terjadi di-diri kita sendiri
seakan-akan kita bicara dengan diri kita sendiri .


9.       …………………………………………  adalah kesalahan pengamatan yang obyeknya tidak ada , orang
tsb  mendengar bisikan-bisikan berupa perintah untuk melakukan sesuatu  misalnya
membunuh  anaknya sendiri .

10.   ……………………………………………….. adalah sikap / cara berfikir kita yang selalu menilai baik   
terhadap suatu peristiwa yang terjadi  sehingga kita dapat terhindar dari stress .
      
      11. Proses berhubungan  Perawat – klien dapat dibagi dalam 4 tahap yaitu :
              a.     ……………………………………………………….
              b.    ……………………………………………………….
              c.   ……………………………………………………….
              d.  ………………………………………………………….

12 . Konseling adalah kegiatan dimana ada hubungan yang saling membantu antara 2 orang 
       ( petugas kesehatan dengan pasien ) melalui komunikasi intensif dengan tujuan mengatasi
masalah yang dihadapi .
Salah satu metode konseling adalah Gather dimana tiap elemen huruf mengandung
pengertian dalam proses konseling , yaitu
a.       G   ………………………………………………….
b.      A  ………………………………………………….
c.       T  ……………………………………………………..
d.      H  …………………………………………………………
e.      E  ……………………………………………………..
f.        R  …………………………………………………….



13. Menurut Canary dan Stafford ( 1992 ) meng-identifikasi 5 strategi dalam pemeliharaan
hubungan jangka panjang  yaitu :
a.       ……………………………………………………
b.      …………………………………………………..
c.       …………………………………………………..
d.      ………………………………………………………
e.      ……………………………………………………

14. Perawat tidak cukup hanya mengetahui tehnik komunikasi dan isi komunikasi , tetapi
yang sangat penting adalah Sikap atau penampilan dalam berkomunikasi.
Egan ( 1975 ) mengidentifikasi lima Sikap atau cara untuk menghadirkan diri secara fisik yaitu

a.             …………………………………………………………………..
b.            …………………………………………………………………….
c.            ……………………………………………………………………..
d.          ……………………………………………………………………
e.         …………………………………………………………………………


III     Tulis B di-titik –titik jika pernyataan Benar
         Tulis S di-titik-titik  jika pernyataan Salah
1.       ………..  Kondisi ruangan yang tidak bersekat  menimbulkan privacy pasien terganggu sehingga
               dapat menghambat proses komunikasi .

2.       ……….. Intonasi atau tekanan suara bukan merupakan hal  penting dalam berkomunikasi sebab
             secara alamiah manusia mempelajari bahasa tanpa adanya intonasi.

3.       ………..   Pakaian seragam dinas dan memakai label nama pada saat kita dinas , akan
               mempengaruhi kesan dan kepercayaan pasien terhadap petugas menjadi positif sehingga
               memperlancar komunikasi.

4.       ……….  Denotatif adalah pengertian yang sama terhadap kata yang digunakan.

5.       ………. Sentuhan pada bayi merupakan suatu cara dalam berkomunikasi karena akan  terjadi
                    perasaan rasa nyaman dan rasa diterima .

6.   ………..  Perilaku seperti menggigit kuku , berisik , sering menggoda teman nya , tempren tantrum  
                     adalah reaksi-reaksi spontan dari unsur ego state seorang yang  dewasa  .

7.  ………..  Kesan pertama sering menimbulkan   “Hallo effect “ dimana ada kecendrungan untuk
                    memperluas kesan yang menyenangkan atas suatu sifat kepada sifat-sifat lainnya .

8.   ……..   Komunikasi Verbal adalah pemindahan pesan tanpa menggunakan kata-kata meliputi
                   expresi wajah , bahasa tubuh dan isyarat.


9.  ………    Manfaat dari complain pasien , selain mengetahui apa yang di-inginkan pelanggan juga kita
                    mendapat konsultasi gratis .

10.  ……..   Jarak  untuk berkomunikasi antara perawat dengan pasien termasuk zona  intim yaitu
                    antara  15- 46 cm sehingga pasien merasa lebih diperhatikan .

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar